MANUSIA DAN PENDERITAAN


Penderitaan berasal dari kata derita,derita bersal dari bahasa sansekerta, dhra yang artinya menahan atau menanggung. Dalam Kamus Besar Indonesia derita mempunyai arti menang gung(merasakan ) sesuatu yang tidak menyenangkan. Pada intinya penderitaan lawan kata dari kesenangan dan kegembiraan.

Anak jalanan

Contoh dari penderiataan ya ng saya ambil dari kehidupan sehari-hari yang ada dikota ini khusunya jakarata tempat yang saya tinggali saat ini. Saya melihat penderitaan yang banyak ditanggung oleh anak jalanan. Secara garis besar anak adalah penerus bangsa dan pada saat itu lah kegembiraan terpancar dari wajah mereka, tetapi ini tidaklah terjadi pada anak-anak yang berada diluar sana. Jangankan untuk memikirkan sekolah, untuk makan sehari-hari saja sudah susah.

Apalagi trauma yang dialami saat merada diluar sana akan menjadikan mereka orang yang tidak bermoral. Semua itu tergantung pada orangnya masing-masing. Dari sedikit pendeskripsian diatas kita dapat ambil nilai positip dan negtif yang terdapat pada anak-anak yang ada diluar sana. Dari positifnya dapat kita ambil hikmahnya dari itu kita harus bersyukur dari apa yang kita dapatkan setiap harinya dari yang Maha Kuasa. Kita lebih bertaqwa dan menjadikan diri kita lebih tegar lah\gi menjalani kehidupan. Dari sisi negatifnya kita dapati regresif atau primif dari pemikiran yang ada pada anak jalanan karena dia tidak banyak mendapatkan informasi dan ilmu yang khususnya didapat semasa sekolah. Proyeksi atau hanya mengambil sisi negatifnya saja dari seseorang, karena anak jalanan banyak yang menjadi pengamen menjadikan kita melihat dari sisi negatif kesenjangan sosial untuk mendapat uang ia dapat melakukan apa saja seperti mencuri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s