Manusia dan Keindahan


Wayang Orang

Pengertian keindahan adalah kebudayaan yang diciptakan oleh manuasia untuk memenuhi kebutuhan pkok hidupnya, terutma hidup fisiknya. Setelah kebutuhan pokok dapat dipenuhi, manusia menciptakan kesenian yang merupakan salah satu kebutuhan psikisnya yang tercukupi melalui rasa indah.

C. Kluckhohn berpendapat bahwa kesenian merupakan salah satu dari tujuh wujud budaya universal, sedangkan menurut penulis kesenian merupakan bagian kecil dari kebudayaan karena kesenian merupakan kelanjutan dari kebudayaan yang diciptakan ountuk memenuhi kebutuhan fisik.

Pada umumnya kesenian dapat dinikmati oleh manusia memelalui dua macam inderanya, yaitu indera mata dan telinga yang keduanya saling berperan penting. Seni terbagi tiga yaitu seni rupa, seni suara, dan seni pertunjukan.

Perkembangan kesenian sangat lah bergantung pada jaman, contohnya kesenian pada jaman kuno dengan jaman modern sangat terasa sekali perbedaannya karena manuasia adalaj homo creator bebas menciptakan sesuatu dari dirinya. Saya sendiri dari keturunan orang jawa sangatlah mencintai kesenian jawa khususnya wayang orang karena sangat menarik untuk simak jalan cerita dan maknanya.

One comment on “Manusia dan Keindahan

  1. bayu says:

    gini doang LE??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s