Komjen Susno Duadji


Kita tahu bahwa Komjen Susno Duadji makin menjadi pembicaraan masyarakat kita. Dengan adanya kasus – kasus yang menyeret nama Mantan Kabreskrim Mabes Polri ini menjadi tersangka setelah mengukap beberapa kasus besar yang ada diintitusi polri.

Komjen Pol Drs. Susno Duadji, S.H, M.Sc. (lahir di Pagar Alam, Sumatera Selatan, 1 Juli 1954; umur 55 tahun) adalah mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim Polri) yang menjabat sejak 24 Oktober 2008 hingga 24 November 2009. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Kapolda Jawa Barat.

Susno Duadji merupakan lulusan Akabri Kepolisian dan mengenyam berbagai pendidikan antara lain PTIK, S-1 Hukum, S-2 Manajemen, dan Sespati Polri. Ia juga mendapat kursus dan pelatihan di antaranya Senior Investigator of Crime Course (1988), Hostage Negotiation Course (Antiteror) di Universitas Louisiana AS (2000), Studi Perbandingan Sistem Kriminal di Kuala Lumpur Malaysia (2001), Studi Perbandingan Sistem Polisi di Seoul, Korea Selatan (2003), serta Training Anti Money Laundering Counterpart di Washington, DC, AS .

Susno adalah anak kedua dari delapan bersaudara. Ayahnya bernama Duadji, seorang sopir dan ibunya, Siti Amah, seorang pedagang kecil. Ia adalah suami dari Herawati dan bapak dari dua orang putri. Dapat kita lihat profil dari pak Susno sangat sederhana tetapi dari kesederhanaan itu tersimpan diri seorang pemimpin yang dapat merubah sebuah institusi menjadi lebih baik walaupun ia tahu akan resiko yang diembannya dalam masalah ini.

berita terbaru yang saya tahu dari media tentang Komjen Susno Duadji adalah ditangkapnya beliau ketika akan pergi ke Singapura untuk melakukan Check Up kesehatan di Bandara Sukarno Hatta. Dengan alasan pelanggaran disiplin polri, yang akhirnya beliau diperiksa di Mabes Polri. Tetapi pada akhirnya Susno Duadji bisa pulang kembali dan Susno Duadji meninggalkan Mabes Polri bersama empat pengacaranya pada pukul 22.45. Mereka menggunakan Honda Accord warna hitam, B1988 UAA.

Pada akhirnya Susno Duadji dijadikan tersangka atas penerimaan suap dan melanggar kode etik. Maslah ini seharusnya tidaklah perlu terjadi bila semua pihak dapat dair dalam menyikapi masalah yang ada. Tidak lama berselang setelah dimintai keterangan dimasbes polri, Susno Djuadji akhirnya ditahan dekat kampus saya yaitu di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Sampai saat ini saya terus memantau perkembangan berita dari Pak Susno.

Semoga masalah ini cepat diselesaikan dan kepada pihak yang berwenang jangan mengkaburkan fakta yang ada saat ini. Membuat masyarakat menjadi tidak percaya lagi kepada institusi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s