Google test Android 3.0 Gingerbread


Jakarta – Android 3.0 (sebelumnya sering disebut versi 2.3) alias Gingerbread santer diberitakan segera hadir sebelum tahun 2010 berakhir. Spekulasi kian mencuat setelah beredar video di YouTube yang menampilkan kehadiran patung ‘roti jahe’ tersebut.

Spekulasi ini tentu bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Google memiliki kebiasaan menandai kehadiran sistem operasi (OS) Android terbarunya dengan menghadirkan patung yang menjadi ikon OS tersebut.

Dilansir PC Mag dan dikutip detikINET, Minggu (24/10/2010), hal yang sama dilakukan Google saat OS Android sebelumnya, Eclair dan Froyo hadir. Dua patung yang menjadi ikon OS itu pun dijejerkan di depan kampus yang mengembangkan OS tersebut.

Bahkan reporter yang melaporkan video patung Gingerbread mengklaim, dulu patung Froyo dihadirkan pada pertengahan Mei atau berdekatan waktunya dengan rilis Froyo pada 20 Mei dan kehadiran Nexus One yang menggunakan Froyo pada 22 Mei.

Dalam video YouTube berdurasi satu menit 15 detik itu menampilkan prosesi penempatan patung Gingerbread mulai dari saat diangkut dari mobil tertutup hingga diberdirikan di depan kampus dan disaksikan banyak orang.

Namun tentu saja, kepastian kabar ini masih tidak sahih rasanya jika belum ada pernyataan resmi dari Google soal kehadiran Gingerbread. Pihak Google sendiri hingga saat ini belum bisa dimintai keterangan.

Di saat kehadiran Android 2.2 Froyo masih dinantikan oleh penggila ponsel Android, team pengembang Google Android disinyalir sedang melakukan uji coba Android 3.0 Gingerbread.

Kabar tersebut muncul setelah GreenComputing ‘menangkap’ penggunaan aplikasi mereka pada Android 3.0, 3.0.1 dan 3.2. GreenComputing merupakan pembuat LINPACK, aplikasi benchmark Android yang sangat populer digunakan.

GreenComputing mencatat dari seluruh ponsel Android yang pernah menjalankan LINPACK terdapat  43.1 % menggunakan Android 2.2 (Froyo) dan 39.8 % menggunakan Android 2.1-update1. Sementara dari sisanya (sekitar 17 %) terdapat beberapa yang menggunakan Android 3.0, Android 3.0.1 dan Android 3.2.

Versi 3.0.1 dan 3.2 nampaknya merupakan salinan Android 3.0 yang dipisah dalam versi minor guna kepentingan pengembangan Android 3.0 secara paralel.

source: detik.com,zonaponsel.com

This entry was posted in Gadget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s