Bukti kecintaan google pada opensource


Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar segala ide yang mencengangkan dari mesin pencari tercepat dan terbesar ini tidak salah lagi google. Setelah sukses dengan mengeluarkan aplikasi browser yang ringan dan cepat untuk berselancar di dunia yaitu google crome dan chromium pliksi tanpa harus mengistalnya lagi. Sekarang ia yang sering kita sebut mbah google mencari tantang baru untuk menyaingi rival terberat yaitu microsoft office dalam bidang pengolahan data. Google sudah membuat sebuah aplikasi ringan yang dapat kita akses langsung dengan internet tanpa harus menginstal terlebih dahulu.


Aplikasi yang beralamatkan http://docs.google.com ini kita dapat langsung mengedit atau mengetikan data yang ingin kita tulis. Bila kita ingin menggunakan aplikasi ini kita hanya perlu login ke akun google terlebih dahulu , setelah itu  kita pilih aplikasi mana yang ingin digunakan karena google memberikan beberapa aplikasi yang dapat kita guanakan seperti google documents, spreadsheet, presentation, drawings. Jadi kita tidak usah pusing-pusing karena semua format filenya banyak dan yang lebih penting lagi google docs ini mendukung pengeditan pada documents Open Office.

Nah sekarang kita membecarakan apa sih kelebihan aplikasi yang dibuat oleh mbah google ini. Salah satu yang terpenting dari keunggulan aplikasi ini adalah dalam hal pemakaian storage yang tak terlalu besar dalam arti sehari-hari komputer jadul juga bisa memakai asal ada koneksi internet aja. File-file yang kita buat dapat langsung kita simpan seperti biasa hanya bedanya kita mendownload file yang kita ketikkan saja. dari tampilan minimalis tetapi saat saya coba untuk membuka toolbar satu persatu , wahh diluar dugaan sangat lengkap seperti saya mengetikan pada ms word 2010 hanya bedanya pada tampilan yang super minimal saja hehe. Satu lagi yang paling penting saat koneksi internet kita terputus mati lampu google docs melengkapinya dengan autosave selamat deh file yang seharian dikerjain masa ilang gitu aja.

Bila kita sudah selesei mengetikan dokumen, kita dapat mengunggah ke blog atau pun web kita dengan langkah yang begitu mudah yaitu More action>publish tara langsung ke unggah loh ke blog kita. untuk pengeditan kita dapat mengetahui apa yang diganti dari file lama dan kapan kita menggantinya dengan spreadsheet.

Kekurangannya cuman pada tampilan yang super minimalis untuk meminimalisir hang atau koneksi yang tidak lancar supaya tetap dapat digunakan.

This entry was posted in IT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s