Kecepatan pada modem yang kita pakai


Jika kita lihat sekilas tidak ada Perbedaan antara KB/s dan Kb/s (kbps) . Tapi, coba kalau diteliti lebih detail lagi ternyata perbedaannya hanya huruf kapital di B atau b ternyata perbedaannya sangat jauh loh . Bukan hanya di situ dalam measurement KB/s dan Kb/s (kbps) memiliki perbedaan besar, yaitu +/-  8 kali lipat. Karena  satu digit biner diwakili oleh 2 pilihan angka, Bisa angka 0 (nol) dan atau angka 1 (satu). Nah, 1 digit biner inilah yang disebut dengan bit yang dilambangkan dengan b (huruf kecil). Sedangkan, byte adalah kombinasi dari 8 buah bit, Perhitungannya kira-kira: 2^8 [2 pangkat 8], jadi ada 256 kemungkinan. Bagi anak IT mungkin sudah mengerti tentang konversi binari nah ini lah metode yang digunakan.

Saya ambil contoh pada salah satu aplikasi instan untuk mengetahui speed network kita adalah http://www.speedtest.net dan http://www.mobile-8.com/speedtest/index.html itu merupakan salah satu aplikasi yang bisa kita pakai untuk mengetahui speed network kita. Dari gambar yang ada kita dapat lihat perbedaan, pada gambar diatas dan dibawah terdapat hasil yang sangat lah beda jauh. Jangan lalu berkecil hati karena pada hasil test gamabar diatas menggunakan Mb/s sedang gambar dibawah menggunakan kbos(kecil semua). Saya lebih senang buatan dalam negri walau masih menggunakan link tetangga yaitu Ookla dalam perhitungan speet test. Tapi kita lebih dapat mengetahui secara detail berapa hasil speed test kita pada download dan upload yang sudah dijalankan. Tidak hanya disitu tetapi langsung dikonversikan  kbps menjadi KB/s.

Oleh Karena itu, rentang bilangan byte adalah antara 0 sampe 255 yang dilambangkan dengan B (huruf  besar / capital). Jadi 1 byte= 2 pangkat 8 bit = 256 bit. Selain itu, ada juga word, yaitu kombinasi 2 buah bilangan byte atau 16 digit bilangan bit. Total kombinasinya ada 65536. Biasanya, measurement dalam ukuran file menggunakan Kilo byte (KB). Hal inilah yang menyebabkan kekeliruan pengertian antara kilo bit per second (kbps) dengan kilo byte perscond (KB/s). Jadi,1 Kb/s (kbps)= 128 B/s sedangkan  1 KB/s = 8 b/s 1 Mb/s (Mbps)= 128 KB/s sedangkan 1 MB/s = 8 Mb/s jadi bila anda mendapati salah problem diatas coba saja anda hitung dengan kalkulator untuk mendapati hasil speed test yang sebenarnya. Untuk masalah ping saya akan jelaskan pada treads berikutnya terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s