iPhone 4 Paling Mantap


Tidak salah apabila Anda mengagap iPhone 3Gs hamper tidak ada perbedaan berarti dengan iPhone 3G. Perubahannya hanya sebatas upgrade jaringan dari 3G ke HSDPA. Nah jika kita ingin merasakan upgrade yang sebenarnya iPhone 4 lah jawabanya.

Perangkat ini dijual dengan harga yang masih mahal. Wajar adanya, mengiat di Negara asalnya saja ponsel ini masih dibandrol dengan harga $199 plus kontrak dua tahun untuk varian 16 GB dan $299 untuk yang 32 GB, itu di AS lah kalo sudah masuk Indonesia bias-bisa sampai 8jutaan dipasaran untuk yagn 16 GB.

Di Lihat dari Sisi Penampilan (Casing)

Banyak perubahan yang dilakukan iPhone 4 saat ini, terlihat sekarang lebih garang dan tegas. Kita lihat saja pingiran yang dibalut oleh almunium dengan sisi-sisi berbentuk kotak menambah elegannya ponsel ini. Kedua bagian dilapisi oleh plastic transparan yang melindungi dari gesekan bahkan diklaim oleh apel tahan goresan dan sidik jari.

Ada yang lain dari perubahan besar yang dilakukan ponsel ini bahkan disebut-sebut masalah yang sangat mengganggu yaitu antena yang biasanya berada pada bagian belakang bawah posel ini sekang diletak pada sisi kiri atas ponsel. Ini menyebabkan saat kita menelpon dengan tangan kiri antenna akan tertutup sehingga mengurangi daya tangkap sinyal yang menebabkan kominikasi terputus.

Layar(Retina Display)

Apple menyebut layar anyarnya yang berteknologi kelas yahut ini dengan retina display. Maksuda dari perkataan itu adalah bias dilihat dari ukuran resolusi layar mencapai 960×640 pixel pada 3.5 inchi ini digadang-gadang setara dengan retina mata kita. Untuk mengetahuinya kita dapat mencobanya langsung lihat saja saat ponsel ini beraksi sangatlah cemerlang dan bagus dari gambar yang dihasil layar tersebut, baik dari teks video dan gambar dibandingkan dengan BlackBerryTorch 9800.

Memori Eksternal?

Pertanyaan ini masih saja ada dengan harapan apel akan mengeluarkan ponselnya dengan tambahan memori eksternal. Tetapi sampai saat ini apel masih merasa cukup dengan memori internal yang sudah disematkan dalam iPhone 4 ini yaitu dengan pilihan 16Gb dan 32Gb

Micro Sim Card

Masalah ini masih sangatlah mengganggu dari pengguna dalam negeri karena belum terdapatnya layanan operator yang menyediakan micro sim card. Terpaksa kita harus memotong lebih kecil sim card yang kita gunakan dengan resiko yang cukup besar pula sungguh disayangkan.

Multitasking

Bagian ini mendapatkan perhatian besar karena telah diupgrade sedemikian rupa. Dengan iOS 4 yang disematkan pada ponsel ini maka kita dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan tanpa heng. Biasanya saat kita bermain Game ada MMS/SMS yang masuk tanpa harus keluar kita dapat menekan tombol HOME 2x maka kita akan tahu program apa yang sedang berjalan.

Kamera

Dari sisi ini tidak banyak perubahan tetap 5 Megapixel yang disediakan pada ponsel ini. Dibandingkan dengan competitor lain memang ponsel ini terbilang tertinggal karena mereka sudah mengusung ponsel dengan kamera 8-10 Megapixel dengan bajet yang tidak jauh berbeda.

Tetapi ada kelebihan lain yang tidak diterapkan oleh kompetitornya yaitu kejernihan gamabar saat kita merekam video HD hingga 720p. Kita juga dapat mengupload ke facebook bahkan mengirim teman dan sedikit mengeditnya. Sayangnya pada saat kita menyimpan vidio butuh memori yang besar apalagi ponsel ini tidak memberikan memori tambahan.

Video Call

Memang teknologi ini sudah lama dipunyai oleh ponsel yang mengusung 3G tetapi hal ini baru bisa dirasakan oleh iPhone 4 . Kamera depan memang baru diusung oleh ponsel ini, layanan video call masih berbasis dengan WiFi ini mirip dengan Skype yang hanya dapat dijalankan dengan koneksi internet. Tetapi terdengar kabar apple akan mengeluarkan fitur video call yang dapat djalankan dengan 3G. Kelebihan dari pada ponsel ini dengan vendor lain adalah saat kita melakukan video call dengan mata menatap ke kamera yang kecil seakan –akan kita menatap mata lawan bicara kita berbeda dengan apa yang kita lakukan dilaptop lawan bicara kita akan terlihat menatap sudut lain saat berbicara.

Rekomendasi

Dilihat dari harganya yang masih diatas mahal dan belum adana operator resmi ditanah air yang menggandeng secara resmi maka seyogyanya kita menahan rasa penasaran kita dahulu. Terlebih bila ingin merasakan pengalaman seru dari iOS 4 kita dapat mengupgradenya pada ponsel 3Gs. Spesialis dari ponsel touch ini memang sudah tidak lagi dipertanyakan. Meski pun beberapa fiktur diantaranya masih tertinggal dengan ponsel lain. Dari sisi penampilan ponsel ini banyak perubahan tetapi juga permasalahan yang diagap penting seperti letak antenna yang menggangu sinyal serta material yang digunakan rentan dengan kerusakan.

+ Kelebihan dari iPhone 4

  • iOS 4
  • HSDPA
  • WiFi b/g/n
  • Multitasking
  • Vidio Call (faceTime)
  • Push Mail
  • iPod Player
  • iTunes Store
  • Apps Store
  • Retina Display
  • Multitouch

–  Kekurangan dari iPhone 4

  • Material kaca plastic pelapis dinilai rentan dengan kerusakan (Retak)
  • Material alumunium dinilai rentan patah
  • Video Call hanya dengan via WiFI
  • Tidak adanya memori eksternal
  • Trasfer data via iTunes PC/Mac saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s