Perseteruan Ahmad Dhani dengan Global TV


Jakarta Wartawan Global TV telah memastikan tidak ada aksi pemukulan yang sebelumnya dituduhkan ke Ahmad Dhani Senin (28/2/2011) malam. Yang ada hanya tarik menarik kamera.

Melalui secarik kertas, Kuasa hukum Dhani, Hermawanto memaparkan kronologi kisruh juru kamera Global TV, Yandi dan reporternya, Yani dengan pentolan Dewa 19 itu. Hermawanto membacakan kronologi tersebut didampingi Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Kode etik Dewan Pers Agus Sudibyo, dan Wakil Komisi Pegaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers Bekti Nugroho di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (2/3/2011).

Berikut kronologinya:

Senin, 28 Februari 2011
Pukul 20.00 WIB

Ahmad Dhani datang ke rumah Mulan Jameela untuk mengantar Eva (wartawan Infotainment Was-was) yang akan menawarkan dagangan ke Mulan Jameela. Di saat mobil Alphard B 1 RCR (mobil yang ditumpangi Dhani) baru berhenti. Cameraman Global TV keluar dari halaman rumah Mulan Jameela dan berdiri pas di depan garasi rumah Mulan Jameela.

Wartawan Global TV waktu itu tiba-tiba menyorot kamera ke mobil, di mana Dhani dalam posisi belum turun dari dalam mobil (disaksikan seluruh penumpang mobil Alphard). Hal tersebut menjadikan Dhani keberatan.

Lantaran privasinya dilanggar, Dhani keberatan dan minta tolong ke anak buahnya untuk mengambil kaset itu. Tapi cameraman Global TV malah lari dan sembunyi ke dalam mobil.

Selanjutnya Dhani meminta Musyamsul selaku penasehat hukumnya yang saat itu kebetulan sedang bersamanya. Musyamsul sempat berdialog dengan Yani (reporter Global TV), “Mbak, Dhani keberatan karena itu area privat, karena di dalam Mobil. Dia menjawab, “ini ruang publik!” sambil teriak-teriak dan mengundang perhatian orang.

Setelah berdebat panjang dangan Musyamsul, Yani akhirnya bersedia menyerahkan dan memperlihatkan kaset, tapi kemudian mereka ingin buru-buru pergi. Supir sudah menyalakan mesin mobil, Dhani keberatan terus mengambil kunci awak Global TV sambil menunggu apa benar gambar yang diambil itu? Ternyata kasetnya kosong, maka selanjutnya terjadi rebutan kamera antara cameraman Global TV dengan orang-orang yang mengerubungi mobil.

Dalam keributan tersebut tidak ada pemukulan dan pengeroyokan. Yang ada hanya tarik-menarik kamera, dengan posisi cameraman yang menyembunyikan kamera sambil mendekap erat-erat.

Maka sangat diyakini bahwa luka dan memar yang diderita Noviandi Kurniawan (Yandi) bisa saja disebabkan oleh kelalaiannya sendiri yang berusaha mendekap kamera dan kaset di dadanya terlalu erat.

Ketika kejadian berlangsung, petugas dari Polsek Kebayoran Lama mendatangi kejadian perkara dan meminta masalah diselesaikan ke kantor Polsek Kebayoran Lama, mengingat kondisi sudah tidak kondusif dengan banyaknya massa dan warga yang berkumpul.

Pukul 21:30WIB
Ahmad Dhani dan wartawan Global TV berangkat menuju kantor Polsek Kebayoran Lama.

Pukul 22:18WIB
Beredar kabar tentang adanya pemukulan, di Grup BBM wartawan Infotainment termasuk keberatan yang disampaikan oleh Pimpinan Redaksi Global TV dan saat itu juga pihak Ahmad Dhani sudah Melakukan klarifikasi bahwa tidak ada pemukulan dan penganiyaan oleh Ahmad Dhani dan krunya.

Pukul 23:18WIB
Dilakukan pertemuan di Polsek antara Ahmad Dhani dan Pihak Global TV yang diwakilI Siane Indriyani (Pimred Global TV) untuk menyelesaikan secara kekeluargaan.

Global TV akan mencabut laporan Polisi apabila Ahmad Dhani melakukan permintaan maaf secara terbuka di Media yang saat itu juga sudah menunggu di Polsek Kebayoran Lama.

Ahmad Dhani keberatan atas persyaratan tersebut karena dia merasa ingin mengambil haknya yang diambil paksa oleh wartawan dan cameraman Global tv. Dhani sudah minta masalah ini diselesaikan ke Dewan Pers saja.

Pukul 7:18 WIB, Hari Selasa 1 Maret 2011
Di dalam group D’Barokoko Journalist beredar klarifikasi Yani (Syahriani) wartawan Global TV yang di share Aal (Wartawan Rakyat Merdeka) pada pukul 7:18 WIB bahwa tidak ada pemukulan dan pengeroyokan.

detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s