Deskripsi Pemodelan Grafik


Kemajuan teknologi saat ini merambah kesegala sudut bidang, tidak luput salah satunya adalah bidang seni. Bila kita bicara seni maka yang namanya pencitraan atau yang lebih kita kenal dengan Gambar/Rupa yang dapat menghasilkan suatu prestis tersendiri bagi yang melihatnya. Setiap orang mampu mengolah sesuatu yang  dilihatnya dengan indra penglihatan (mata) berupa objek 2 dimensi seperti lukisan, maupun 3 dimensi contohnya patung dll.

Penggabungan seni dan teknologi saat ini menghasil yang namanya grafis atau gambar dari suatu kreasi yang ditungangkan dalam bentuk gambar maupun berupa angka dan huruf dengan berbagai kombinasi warna bermaksud untuk menyampaikan tujuan pembuat ke orang yang melihatnya. Selain untuk mengmangkas biaya produksi untuk membuat konsep dari gambar juga dapat mempermudah si pembuat gambar untuk berkreasi bahkan menghapus gambar dan mencetaknya langsung.

Pada awalnya kita dapat melihat secara langsung hasil dari pemodelan grafik pada pembuatan arsitektur bangunan yang masih menggunakan blueprint sangat membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Maka pada saat ini banyak software yang mempermudah dalam penggambar konsep dari grafik. Dari itu semua terdapat perbedaan mendasar yang kita perlu ketahui yaitu jenis dari pemodelan grafik itu sendiri. Terdapat 2 konsep pemodelan yang banyak dipakai dimasyarakat kita yaitu  bitmap dan vector.

Devinisi dari bitmap tersebut adalah susunan dari sebuah pixel yang tersusun membentuk suatu objek tertentu yang memuat data berupa berbagai macam warna yang akan ditampilkan pada sebuah gambar. Hal yang sangat membedakan bitmap dengan vektor adalah skala resolusinya yang tetap jadi bila kita perbesar gambar bitmap akan terlihat pecah atau dengan kata lain kita melihat kotak-kotak gabungan dari berbagai kombinasi warna yang disebut pixel. Tergantung pada pixelnya juga, semakin besar kita mempunyai pixel semakin besar pula kita dapat memperbesar gambar yang kita punya. Biasanya tipe file gambar bitmap berupa : JPG, JPEG, BMP, GIF, TIF, TIFF, PCX, dan PNG.

Gambar Bitmap setelah diperbesar x600

Beberapa kelebihan yang kita dapat dari bitmap:

  • Contoh sederhana penggunaan bitmap adalah pada paint atau photoshop kita dapat memberikan suatu efek tertentu sesuai keinginan pada gambar tanpa harus ribet-ribet mengatur dari ketepatan grafik yang kita buat untuk terlihat bagus karena sudah diberikan berbagai tools yang dapat mempermudah kita.
  • Kita juga dapat merubah suatu gambar dari format vector ke bitmap dengan mudahnya tidak seperti kita merubah bitmap ke vector yang perlu ketelitian untuk mendapatkankan hasil yang sama.

Kelemahan dari bitmap antara lain:

  •  Resolusi gambar yang terbatas saja bila kita memperbesar maka akan terlihat pecah.
  •  Bila untuk mencetak gambar besar diperlukan resolusi yang besar untuk mendapatkan hasil yang baik.
  •   Permasalahan yang kita sering hadapi bila foto/gambar ukurannya akan diperbesar mengakibatkan gambar tidak begitu tajam.

Adapun Software yang berbasis Bitmap antara lain:

  • Adobe Photoshop
  •  Paints dari Windows
  •  Paintbrush
  •  Corel Photopaint

Penggunaan gambar bitmap adalah pada saat kita memperlukan berbagai macam kombinasi warna untuk membuat gambar terlihat detail / real dengan gambar aslinya. Contoh penting penggunaan bitmap adalah seorang photographer profesional akan selalu menggunakan kamera yang mempunyai megapixel besar, kenapa harus besar dikarenakan semakin rapat pixel kejernihan warna dan gambar yang ditangkap akan semakin besar dan baik.

Nah setelah kita berbicara mengenai bitmap ada baiknya kita mengenal juga lawannya yaitu vector. Vektor merupakan sekumpulan objek yang dibentuk dari garis dan kurva yang dapat didevinisikan secara matematis. Yang pasti mempunyai resolusi yang bebas maka dari itu gambar vector bila diperbesar dengan ukuran apapun tidak akan pecah (kehilangan resolusi) ,dan bila kita perkecil gambar vektor tidak kehilangan dari detail gambar tersebut. Biasanya Tipe gambar vektor berupa : EPS dan CGM

Gambar Vektor setelah diperbesar x600

Kelebihan dari gambar vektor:

  •  Tidak tergantung pada resolusi yang digunakan
  • Ukuran data pada file akan tetap sama walaupun diperbesar maupun diperkecil
  • Pada saat mencetak gambar dengan media cetak akan mendapatkan detail gambar yang bagus
  • Gambar vector sudah banyak digunakan pada saat ini khususnya desain grafis

Kelemahan dari gambar vector antara lain

  • Sulit untuk membuat gambar yang berkualitas bitmap untuk diubah ke vektor dengan detail gambar yang mirip
  • Diperlukan kesabaran dan ketelitian tinggi untuk menghasilkan gambar supaya reatis / mirip dengan gamabr aslinya
  • Semakin banyak layer / gambar yang digunakan gambar vektor  semakin lama kita membuka file tersebut (berdasarkan pengalaman)
  • Penggabungan kombinasi warna yang agak terlihat sulit karena tidak semua tool dapat membantu kita

Software grafis berbasis vektor antara lain :

  • Maya3D
  • Strata 3D CX
  • Ulead COOL 3D
  • Swift 3D
  •  Autocade
  •  3D Home Architect
  • CorelDraw
  • Adobe Freehand

Penggunaan gambar vektor pada saat ini adalah pembuatan model / konsep gambar yang diperlukan resolusi sangat besar pada saat mencetak, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengerjaannya kita menggunakan vektor yang tidak tergantung pada resolusinya. Contohnya seorang desain grafis akan membuat gambar yang akan dicetak di billboard jalan bila kita menggunakan bitmap maka akan terlihat pecah tetapi bila menggunakan vektor gamabr akan terlihat lebih detail walaupun dengan resolusi besar sekalipun tidak mengurangi detail gambar tersebut.

Kesimpulannya dari masing-masing jenis konsep pemodelan dapat kita lihat memilih salah satu untuk digunakan pada saat kita membuat graifik/ gambar. Diantara keduanya bitmap dan vektor memang mempunyai kelebihan dan kekurangan, tetapi lebih penting lagi kita dapat tepat menggunakan gambar bitmap atau vektor supaya hasil dari gambar sesuai dengan keinginan kita.

http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_bitmap

http://nurannisaa7.wordpress.com/2008/09/20/vector-dan-bitmap/

http://www.ahlidesain.com/perbedaan-vektor-dan-bitmap.html

http://primasoft.wordpress.com/2008/04/07/grafis-vektor-dan-bitmap/

http://nurannisaa7.wordpress.com/2008/09/20/vector-dan-bitmap/

http://www.edipsw.com/desain-grafis/perbedaan-antara-gambar-bitmap/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s