Penggunaan Gambar Vektor dan Bitmap


Didunia nyata kita sering melihat gambar buatan yang dihasilkan oleh mesin pencetak maupun alat yang digunakan untuk menangkap gambar, supaya gambar tersebut nantinya dapat dilihat lagi ataupun dicetak sesuai keinginan kita. Penggunaan Vektor dan Bitmap sangat penting pada pembuatan grafik/gambar karena diantara keduanya membantu penguna untuk lebih bisa mengembangkan gambar sesuai keinginan. Tetapi diantara kedua mempunyai perbedaan yang sangat terlihat dalam penggunaan pada kehidupan sehari-hari kita.

Contoh penggunaan Bitmap pada photografi

Saya akan mencontohkan penggunaan bitmap pada kehidupan sehari-hari adalah foto. Seorang fotografer akan menangkap momen-momen tertentu dengan sebuah kamera, dari kamera tersebutlah dihasilkan gambar berbentuk bitmap. Sekumpulan pixel yang terintegrasi menjadi sebuah gambar maupun objek yang mendekati gambar aslinya. Apalagi seorang professional photographer akan menggunakan kamera yang mempunyai MegaPixel yang besar, Semakin besar MegaPixel yang digunakan maka gambar yang dihasil akan lebih baik lagi dan Resolusi yang didapatnya akan semakin besar pula.Bukan itu saja banyak software manipulasi gambar seperti PhotoShop yang dapat menambahkan berbagai efek warna pada suatu gambar.

Pembuatan Vektor yang digunakan untuk logo atau konveksi pakaian

Persoalan yang banyak kita hadapi sekarang segala sesuatu dikerjakan secara instan. Pada saat kita menggunakan vektor tidak sembarangan orang bisa menciptakan gambar yang bernilai seni tinggi tanpa adanya kesabaran dan ketelitian. Contohnya gampangnya kita akan membuat suatu gambar yang mencerminkan kehidupan nyata maka gambar yang dibuat haruslah mendekati penggambaran yang sebenarnya, sehingga yang melihat gambar tersebut akan dapat membayangkan apa yang dilihatnya. Perubahan dari bitmap ke vektor juga sama dengan menggunakan teknik tracing atau menambahkan beberapa layer sehingga terbentuk suatu objek yang mendekati aslinya dengan warna yang mencirikaskannya.

Implementasi Pengunaan Gambar Vektor

Banyak software yang menawarkan pembuatan vektor ini, salah satu yang terkenal adalah Corel Draw. Banyak yang kita dapatkan dari gambar vektor misalnya seorang wirausawan kompeksi ingin membuat baju yang memiliki gambar. Sebelum ia mencetak gambar pada samblonan, maka ia akan menggambar terlebih dahulu menggunakan vektor karena dari warna yang dicetak akan lebih mudah terlihat. Coba bila kita menggukan gambar bitmap dari biaya saja sudah terlihat mahal karena campuran warna akan lebih banyak dan kualitas gambar yang akan dicetak tidak akan lebih bagus dari pada gambar vektor.

http://nurannisaa7.wordpress.com/2008/09/20/vector-dan-bitmap/

http://id.wikipedia.org/wiki/Bitmap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s