Membuat Monas Menggunakan Blender


Dimasa Teknologi sudah berkembang pesat kita sebagai generasi muda tidak boleh kalah dengan perkembangan jaman saat, dahulu kita hanya mengenal gambar denga perspektif 2D yaitu dapat kita lihat hanya dari bagian yang tampak pada layar. Sekarang jamannya 3D yang paling kita sering lihat adalah saat menonton sebuah pertunjukan film bioskop 3D, kita seolah masuk kedalam sebuah film itu sendiri dikarenakan tampilan yang sangat memukau dari 3D tersebut.

Dahulu untuk membuat animasi atau modelling kita harus membeli software yang sangat mahal dan komputer harus mempunyai speksifikasi dewa untuk dapat menjalankannya secara normal. Software tersebut bernama 3D Max, maka menimbulkan masalah tersendiri untuk kita seorang mahasiswa yang masih belajar dan tidak mempunyai biaya lebih untuk membeli sebuah software tersebut tetapi kreatifitas kita tidak dapat dihentikan

Untuk memecahkan masalah tersebut ada senuah yayasan yang bernama Blender Foundation yang bermarkas di Amsterdam Blender Institude yang serius dengan dunia 3D. Yang mantapnya lagi dari yayasan ini bersifat no profit alias sukarelawan mengiklaskan ilmunya.

Yayasan yang didirikan oleh Ton Roosendal ini free open source 3D konten penciptaan suite tersedia untuk sistem operasi termasuk Linux Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.

Tampilam Awal

Kita dapat mendownload http://www.blender.org/download/get-blender/ bila kita belum punya blendernya. Setelah kita instal atau dapat kita pakai program yang bersifat portable jadi dapat langsung kita pakai saja. Awal tampilan akan seperti gambar 1, tinggal kita klik saja diluar kotak blender 2.60 tetapi masih didaerah gambar.

Object Default

Setelah klik maka terlihat sebuah kubus itu merupakan tampilan Object default dari blender sebagai awal pembuatan sebuah object. Bila kita tidak ingin memakainya tinggal kita delete dengan menekan tombol X atau delete maka object akan hilang dari layer.

Menambahkan object baru

Pada saat kita ingin menambahkan object baru kita dapat menggunakan add kita plih Plane atau Papan

Plane

Object yang sudah kita add seperti diatas untuk dapat mengubah bentuk atau memodifikasi object tersebut dengan cara kita ganti object mode menjadi edit mode. Atau kita dapat menggunakan tombol Tab untuk mengganti edit mode menjadi edit mode.

Mesh tools

Peralatan yang kita akan gunakan untuk memodifikasi sebuah object berada sebelah kanan pada layar. Disini kita untuk membuat sebuah monas tools yang dapat kita gunakan diantaranya traslate dengan shortcut E,  lalu rotate R, scale S dan Extrude adalaha E. Masing –masing mempunyai kegunaan yaitu misalnya traslate adalah kita dapat memanjangkan/memendekan suatu object. Rotate kita dapat merotasi object searah sumbe X,Y, dan Z. Scale kita dapat memperbesar / memperkecil object dan yang terakhir adalah extrude kita akan menambahkan semua titik baru dari sebuah object yang sebelumnya sudah kita tandai.

object yang di perbesar (scale)

Object yang sudah kita tambahkan pada awal yaitu kita menggunakan plane lalu kita edit menggunakan edit mode lalu kita tekan tombol S untuk mengaktifkan Scale dapat juga kita menggunakan tools yang ada disebelah kanan. Kita atur sesuai kebutuhan untuk membuat dasar lantai dari monas.

extrude

Extrude disini dimaksudkan saat kita akan mengecilkan object plane yang kita punya, object yang kita punya tidak akan berpengaruh melaikan kita hanya mendouble dari object yang ada saat ini. Kita seperti tidak mengextrude object dikarenakan saat kita mengextrude object tetap berada pada posisi awal.

Scale

Setelah kita mengextrude dari object langkah selanjutnya adalah kita mengecilkan object tersebut dengan cara scale yaitu kita tinggal menekan tombol S pada keyboard atau menggunakan tools Scale. Sesuaikan pada gambar diatas dari lebar sebuah object yang kita extrude sebelumnya.

menarik object ke atas searah sumbu z

Saat kita menggunakan extrude kali ini kita dapat menarik object tersebut searah pada sumbu Z dengan cara setelah ita menekan tombol/tools Extrude maka kita tekan tobol Z maka object akan mengarah sama pada sumbu Z.

Memperbesar face object

Yang dimaksudkan face disini adalah tampilan sebuah muka atau layer yang terbentuk dari beberapa titik yang membentuk sebuah tampilan pada sebuah object.

Mengextrude kembali

Menggecilkan hasil extrude tadi

Langkah selanjutnya hampir sama dengan langkah –langkah sebelumnya yaitu menggunakan scale, dan extrude. Untuk membuat sebuah obor emasnya kita menggunakan tampak atas dengan cara menekan Numlock 7 pada keyboard setelah itu akan terlihat tampak atas untuk menggeser kekanan kekiri kita menggunakan tombol tengah yang ada pada mouse disertai dengan menekan tombol shift.

Setelah kita kira-kira pas tampak atas maka langkah selanjutnya kita tekan tombol W untuk menanambahkan subdivide.

Pada saat kita menambahkan subdivide maka akan muncul garis yang membagi 4 buah dari bidang tersebut untuk menambahkan kita ubah number of cut pada sebelah kanan dari 1 menjadi 3 atau 4 sesuai kebetuhan.

Langkah selanjutnya kita tarik dari vertex atau titik yang ada searah sumbu y dengan cara kita klik kanan pada titik tersebut lalu tarik keatas sambil sekali saja kita menekan y supaya titik tersebut akan berpindah searah sumbu y  lakukan pada masing-masing titik.

Saat kita merubah titik searah pada sumbu x

Hasil dari kita mengedit vertex yang ada maka akan terlihat pada gambar diatas

Untuk mempermudahkan menyeleksi titik yang akan kita pilih, kita dapat melakukan object transparan dengan cara menekan tombol Z ini sangat berguna untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan object tersebut. Untuk memilih lebih dari satu object titik maka kita menggunakan tobol shift dengan cara kita klik kanan pada titik yang ingin kita pilih selanjutanya kita tekan tombol shift .

Setelah semua titik yang akan kita ubah telah ditandai maka akan berubah warna menjadi orange dan untuk merubah tampilan tranparan menjadi object biasa lagi kita dapat menggunakan tombol Z kembali.

Untuk mempermudah pengeditan object dari garis yang sudah tandai kita tekan tombol 1 pada Numlock kita maka object akan terlihat dari tampak depan.

Langkah pertama pada pembuatan obor api pada monas adalah dengan cara mengextrude obeject yang sebelumnya sudah kita tandai.

Kita scale dari object yang sudah diextrude

Langkah terakhir adalah kira rotasi berlawanan dengan arah jarum jam maka terbentuklah 1 object untuk membentuk obor api monas.

Maka object yang akan dibentuk akan seperti gambar diatas setalah kira –kira sudah mencukupi dan proposional untuk sebuah obor api pada monas langkah selanjutnya adalah kita merge atau menyatukan sebuah titik dengan cara kita extrude agak lebih panjang jadi saat di merge akan terlihat pas

Pada saat di merge kita pilih at center bila masih bingung dimana letak merge kita dapat melihatnya pada bagian mest tools. Maka hasil yang kita dapatkan pada gambar diatas.

Untuk mewarnai sebuah object kita dapat menambahkan material yang ada pada menu bagian sebelah kanan geser mene dengan menggunakan tombol mouse tengah lalu kita pilih material. Klik icon tambah untuk mengnambahkan sebuah material warna pada object selanjutnya kita pilih diffuse maka akan muncul sebuah pilihan warna berbentuk bola tinggal kita pilih warna yang ingin kita gunakan atau dapat menggunakan kode RGB, HSV, dan hex

Untuk menambahkan warna emas pada obor apinya kita dapat menyeleksi tersebih dahulu vertex atau garis yang membentuk bidang dari si obor api tersebut. Untuk mempermudah menyeleksi garis kita dapat menggunakan shift dan alt ditekan secara bersamaan tahan lalu kita klik kanan dari garis yang ingin kita pilih.

Setelah kita pilih bagian object yang ingin kita warnai kembali dengan cara kita add material ke 2 selanjutnya kita pilih warnanya yaitu warna ke emasan langkah terakhir adalah kita menekan mengklik menu Assign untuk menetapkan warna yang sudah kita pilih pada object tersebut.

Pengaturan camera, kita dapat mengatur sebuah camera dengan cara kita tekan tombol 0 pada numlock keyboard lalu kita atur dengan cara menekan tombol G setelah itu di kira-kira sudah cukup kita render dengan cara menekan tombol F12

Tara hasil dari pembuatan monas sederhana

This slideshow requires JavaScript.

 

sumber:

http://murdox.multiply.com/journal/item/140/Blender_adalah_sebuah_fenomena
http://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
http://dunovteck.wordpress.com/2010/05/27/blender/

One comment on “Membuat Monas Menggunakan Blender

  1. Saya masih belum paham di langkah itu, langkah selanjutnya kita tarik dari vertex atau titik yang ada searah sumbu y dengan cara kita klik kanan pada titik tersebut lalu tarik keatas sambil sekali saja kita menekan y supaya titik tersebut akan berpindah searah sumbu y lakukan pada masing-masing titik. Tolong bimbingannya gan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s