Tugas Pengantar Teknologi Game



Andri Romadhona (53409418)

Arif Sendra A. (50409793)

Fahri Chris A.(50409813)

Januar Kantoni (51409885)

Surya Hadi K. (50409094)

Narasi

Pada permainan Blocking Spinstrix ini kita menggunakan Kecerdasan Buatan yang biasa kita sebut dengan Artificial Intelligence (AI). Jadi untuk menambah keseruan bermain kita tambahkan AI supaya kita seperti melawan seseorang untuk bermain padahal kita hanya bermain sendiri. Pada game ini player harus melemparkan dadu terlebih dahulu untuk menentukan jalan dan banyak kotak yang kita isikan pada layar yang disediakan itu sesuai dengan banyaknya jumlah dadu yang kita lemparkan. Pada game ini cara bermainnya sangat mudah  setelah kita melemparkan dadu kita hanya perlu menentukan langkah yang perlu kita taruh kotak tersebut, bukan asal menaruh melainkan dengan perhitungan yang tepat. Bila salah –salah kita dapat kalah dari lawan karena bila satu baris kita kelebihan dari jumlah dadunya maka akan kalah. Sebaliknya bila kita tepat ataupun pas kita akan menang.

Kenapa game ini dinamakan blocking dikarenakan saat kita jalan untuk mendapatkan dadu yang pas kita akan terus dihalang – halangi oleh lawan kita. Algoritma yang digunakan pada game Blocking Sponstrix adalah menggunakan algoritma greedy. Algoritma ini di menjalankan bila kita terjadi kondisi saat kita terjebak nilai dari jumlah dadu berlebih dia akan memilih block lain untuk diisikan selain itu lawan kita juga dapat menghalangi langkah kita untuk mengalahkan kita. Kekurangan dari algoritma ini adalah disaat algoritma ini berjalan ia tidak memikirkan hal yang akan terjadi nantinya. Dikarenakan ia hanya mencari jalan terbaik untuk mencoba menghalangi jalan kita tanpa berpikir untuk memenangkan permainan secara langsung menlainkan mencari kesalahan yang kita buat.

INITIAL STATE

Berikut ini merupakan rancangan tampilan pada permainan Blocking Sponstrix :

Tampilan Awal Game

Keterangan Gambar :

  • Layar berukuran 1010 x 420

  • merupakan blok langkah milik player

  • merupakan blok langkah milik CPU
  • Pada menu bar kita dapat meliha adanya menu New game Help dan exit
  • Pada menu new game apabila kita sudah memainkan game tersebut akan mengulangi dari awal lagi
  • Pada menu help kita dapat melihat cara bermain rules dan kesempatan untuk menang
  • Terdapat 2 buah dadu yang bergerak secara acak setelah sebelumnya kita mengklok button lempat dadu.

Pada Menu Help

 

Kondisi dimana game sedang dimainkan

Permainan dimulai dengan menekan tombol Lempar Dadu. Player akan jalan pertama kali dan memilih baris yang memungkinkan untuk dapat bisa jalan terus atau pun memblok jalan CPU. Berikutnya adalah giliran untuk CPU melempar dadu dan memilih baris yang memungkinkan untuk dapat bisa jalan terus ataupun memblok jalan Player.

Pada player jika langkah Player + Langkah CPU > batas langkah yang disediakan maka Player Kalah, jika tidak akan terus berjalan sampai memblok CPU nya tersebut dan membuat Player Menang.
Pada CPU jika langkah Player + Langkah CPU + Langkah player yang baru > batas langkah yang disediakan maka Player Menang, jika tidak akan terus berjalan sampai memblok Playernya tersebut dan membuat Player Kalah.

RULES

Identifikasi ruang keadaan Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan (papan main terdiri dari 6 baris, 14 kolom untuk maximal langkah, gambar langkah player dan CPU, 2 buah dadu, Pemain hanya terdiri dari user dan computer).

Keadaan awal & tujuan Keadaan Awal = Tampilan papan permainan.
Keadaan Tujuan = Player lain tidak dapat melangkah lagi dan Langkah Player melebihi batas langkah yang disediakan.

Aturan-aturan

  1. Dimainkan oleh dua pemain. Pemain pertama (user) memulai langkah awal permainan untuk membuat 1 garis yang menghubungkan dua buah titik (yang nantinya membentuk blok persegi) baik itu secara vertical ataupun horizontal.
  2. Mengacak dadu dengan mengklik tombol Lempar Dadu.
  3. Nilai dadu akan menjadi langkah baru Player atau langkah baru CPU.
  4. Player jalan dengan harus memilih baris yang tepat untuk melangkah agar tidak melebihi batas langkah yang sudah disediakan pada tiap baris.
  5. Setelah Player jalan , berikutnya adalah giliran CPU untuk memilih baris yang tepat untuk melangkah agar tidak melebihi batas langkah yang sudah disediakan pada tiap baris.
  6. Ketika Player Jalan, Jika langkah Player + Langkah CPU + Nilai dadu(aturan c) melebihi batas langkah yang disediakan dan tidak ada langkah yang dapat dijalankan lagi maka CPU Menang.
  7. Ketika CPU Jalan, Jika langkah Player + Langkah CPU + Nilai dadu(aturan c) melebihi batas langkah yang disediakan dan tidak ada langkah yang dapat dijalankan lagi maka Player Menang.
  8. Pada permainan ini, baik player ataupun cpu, hanya diberikan kesempatan jalan sebanyak 1 kali dalam menentukan langkah secara bergiliran.

Tampilan saat kalah

Tampilan saat kita Menang

Algoritma Permainan
Berikut ini adalah algoritma yang dipakai dalam permainan ini :

  1. Mengacak dadu dengan mengklik tombol Lempar Dadu
  2. Nilai dadu akan menjadi langkah Player atau langkah CPU
  3. Ketika Player Jalan, Jika langkah Player + Langkah CPU + Nilai dadu <= batas langkah yang disediakan maka akan melanjutkan langkah dengan memilih baris yang memungkinkan. Giliran CPU.
  4. Ketika CPU Jalan, Jika langkah Player + Langkah CPU + Nilai dadu <= batas langkah yang disediakan maka akan melanjutkan langkah dengan memilih baris yang memungkinkan. Giliran Player.
  5. Ketika Player jalan akan terus looping sampai langkah Player + Langkah CPU + Nilai dadu > batas langkah yang disediakan dan tidak ada langkah yang dapat dijalankan lagi maka CPU Menang.
  6. Ketika CPU jalan akan terus looping sampai langkah Player + Langkah CPU + Nilai dadu > batas langkah yang disediakan dan tidak ada langkah yang dapat dijalankan lagi maka Player Menang.
  7. Game berakhir apabila salah satu Pemain menang.

Perangkat pendukung : strawberry prolog, adobe photoshop, microsoft office

Untuk dapat memainkan game ini dapat didownload disini

Hal penting pastikan sebelumnya kita sudah mempunyai program stawberry prolog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s