E-Commece adalah Bisnis + Infomatika


Di Jakarta khususnya hal yang paling sering dilakukan para pekerja adalah berbisnis, ini salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan di kota. Bisnis awal mulanya merupakan akktivitas dari sebuah kelompok maupun personal yang mengharapkan dari aktivitas tersebut mendapatkan hasil yaitu “Laba” atau lebih dikenal dengan keuntung.

Bisnis Online

Dengan berkembangnya jaman teknologi saat ini sangat menunjang untuk pekerjaan para pebisnis seperti computer, smartphone, dll. Itu semua untuk lebih memudahkan konsumen dengan pelaku bisnis lebih terjalin lebih baik sehingga menghasilkan simbiosis mutualisme yaitu saling menguntungkan satu dengan yang lain.

Untuk menyusun sistem sebuah  kinerja yang baik digunakan komputasi pada sistemnya, dimana ilmu informatika digunakan pada penyusunan sistemnya. Data yang dimaksud dapat berupa nama barang harga serta sepesifikasi barang, dimana data tersebut dapat dimasukkan kedalam database untuk disimpan, diolah serta dapat dilihat hasilnya.

Salah bisnis yang menggunakan hal ersebut adalah bisnis yang mengunakan E-Commerce. Yang dimaksud dengan E-Commerce adalah jual beli barang menggunakan bantuan teknologi informatika misal dengan banyak web yang menyediakan salah satunya adalah http://www.bhinneka.com. Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa.  Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC.  Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit.  Bhinneka menjadi salah satu korban ini.

gadgets

Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru.  Kebetulan di masa itu, Internet  baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Rencana perusahaan jangka pendek adalah melakukan sebuah inovasi pada bisnis komputerisasi yang terberkembang tidak hanya menjual gadget yang bermutu tetapi juga jasa yang sangat memuaskan pelanggannya. Untuk jangka panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia

Visi “Menjadi sebuah perusahaan kelas dunia dengan semangat pemanfaatan informasi teknologi, dan menjadi kebanggaan bangsa.”

Misi “Menjadi webstore nomor satu di Indonesia yang menyediakan kelengkapan dan kemudahan belanja, serta memperhatikan dan memberikan pengalaman belanja yang berkesan kepada pelanggan, melalui nilai-nilai delapan dimensi pengalaman.”

inovasi itu penting di dunia teknologi

Bhinnekaners, itulah panggilan sayang untuk seluruh ‘crew’ Bhinneka.Com. Dengan semangat untuk mencapai Visi & Misi bersama, Bhinnekaners bersinergi di dalam tim dan menjadi layaknya keluarga besar yang kompak. Untuk menjadi bagian kita dapat langsung melamar dengan bagian yang tersedia di bhinneka

Untuk tetap menjadi idola bagi seluruh pelanggannya dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang didapat pada setiap tahunnya seperti Logitech Managed Partner, Microsoft Indonesia Country Partner of the Year 2012, Microsoft APAC Platinum Club Subsidiary Partner of the Year FY 2012. Semua itu bukti nyata bahwa kepulian dari produsen bhinneka melayani konsumennya.

Para Bhinnekaners

Sedangkan untuk SDM (Sumber Daya Manusia) Bhinneka melakukan perekrutan dengan cara kita dapat memilih dari salah satu bidang keahlian kita serta syarat yang dapat kita penuhi dari pengajuan pekerjaan pada alamat http://www.bhinneka.com/aspx/others/oth_kerja.aspx kita dapat lihat beberapa bagian yang dapat kita pilih. Disana terdapat form yang langsung kita dapat isi sebagai tanda kita melamar diri. Selain itu bhinneka sudah membuka cabang di beberapa daerah lain selain Mangga Dua sebagai pusatnya, ini menandakan akan adanya perekrutan anggota lagi yang dapat meningkatkan daya saing pakerjaan di bidang IT khususnya dengan menyerap tenaga kerja yang ahli pada bidangnya.

salah satu sekolah pemenang “free computer for your school”

Untuk peran serta pada lingkungan sekitar yang dilakukan bhinneka salah satu contohnya adalaha dalam acara “Free Computer For Your School” dimana di ikuti oleh 59 sekolah yang disaring dan terseleksi dengan polling 3 sekolah yang terpilih untuk dibantu dalam sarana dan prasarana di bidang IT khususnya. Program ini sangat membatu sekali dimana sekolah sebagai sarana berbagi ilmu dan anak sekolah dipedalaman khususnya dapat melek(tahu) IT sehingga tidak tertinggal dari kota-kota besar yang ada di nusantara khusus pada bidang Teknologi. Selain itu bhinneka berpedoman bahwa melayani dengan hati, sapa, dan senyuman membuat para pelanggan khususnya konsumen bhinneka akan terpuaskan dengan kualiatas serta harga yang ditawarkan dengan pelayanan yang baik tentunya.

Sumber:

http://www.bhinneka.com/bpost_detail/perjalanan_panjang_bhinneka_com__bagian_i_.aspx

http://www.bhinneka.com/aspx/others/oth_aboutus.aspx#

http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika

http://yoir.wordpress.com/bisnis-informatika/

http://muannastasyiithoh.wordpress.com/2010/11/01/pengertian-bisnis/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s